Home » » Dennis Rader alias B.T.K Killer

Dennis Rader alias B.T.K Killer

Posted by Sekilas Digital Forensik on Jumat, 15 Mei 2015

Dennis Rader Lynn orang Amerika berasal dari Pittsburg,Kansas kelahiran 9 Maret 1945 dikenal sebagai seorang pembunuh berantai yang telah membunuh sebanyak 10 orang dari rentang waktu 1974 hingga 1991. Dia melalukan penyiksaan terhadap semua korbanya karena itulah di juluki sebagai BTK Killer, BTK adalah singkatan dari Bind,Torture,Kill. Dalam setiap aksinya BTK selalu mengirimkan surat yang menjelasakn rincian mengenai pembunuhan kepada polisi dan Berita Lokal selama periode pembenuhan itu berlangsung.
Surat pemeberitahuan yang dikirimkan oleh BTK ke Koran lokal tersebut dimaksudkan untuk mengejek polisi. Dia telah menulis beberapa komunikasi selama rentang pembunuhannya tesebut yaitu antara tahun 1974 hingga 1991. Surat pertama dikirimkan pada Oktober tahun 1974 mengenai rincian pembunuhan keluarga Otero pada bulan Januari tahun itu yang disimpan dalam sebuah buku teknik di Perpustakaan Umum Wichita kemudian pada tahun 1978 dia mengirimkan surat ke stasiun televise lokal di Wichita yang mengklaim jika dia bertanggung jawab atas pembunuhan keluarga Otero, Shiely Vian, Nancy Fox dan kathtyn Terang. Selanjutnya pada tahun 1985 hingga 1991 BTK melakukan pembunuhan terhadap 3 orang lainya pada tahun yang berbeda Hedge Laut ditahun 1985, Vicki Wegerle di tahun 1986, Dolores E. Davis di tahun 1991. Berikut adalah daftar korban dari BTK:
TERTANGKAPNYA BTK
Kasus pembunuhan itu tidak terungkap hingga tahun 2005 bahkan kasus tersebut hampir dilupakan. Terungkapnya siapa pelaku pembunuhan berantai BTK tersebut dikarenakan adanya barang bukti digital yang ditinggalkan oleh Dennis Rader sebagi pelaku pembunuhan berantai. Pada saat Januari 2004 diperingati sebagai 30 tahun pembunuhan Otero dan Wichita Eagle memuat artikel tentang kejahatan dan Pembunuh BTK serta seorang pengacara yang bernama Robert Beattie mengumumkan penerbitan buku nya. Ternyata hal itu lebih memancing perhatian Dennis Rader, dia menjadi khawatir jika orang lainlah yang akan menceritakan mengenai kisahnya karena hal tersebutlah dia mempercepat rencana kemunculannya. 
Pada 1 Januari 2005 Dennis Rader secara resmi diangkat menjadi ketua dewan yang baru untuk Gereja Christ Luttheran diWichita.
Delapan hari dari tahun baru  Dennis meninggalkan kotak sereal special K ditandai “BTK” dan “bom” di gerobak dari sebuah truk pickup yang diparkir di Home Depot di Utara Woodlawn milik seorang karyawan Home Depot. Pada tanggal 25 Januari polisi mengunjungi Home Depot guna mencari petunjuk kasus BTK sesuai dengan isi dari kartu pos yang dikirimkan oleh BTK.  Polisi juga mendapatkan rekaman pengawasan parkir pada 8 Januari dari rekaman itu polisi mendapatkan gambaran pertama kali nya mengenai sosok BTK tetapi gambar yang diambil terlalu jauh hingga sulit untuk diidentifikasi, informasi yang bisa diambil ada mengenai ukuran Roda kendaraan BTK yang besar sehingga bisa diperkirakan jenis kendaraannya yaitu Jeep Cheroke, Rader sepertinya tidak sadar jika adanya kamera pengawas. Kotak sereal tersebut berisi infomasi yang menyesatkan mengenai kondisi tempat tinggal BTK serta berisi sebuah pertanyaan mengenai flopy disk, inti pertanyan tersebut adalah “ Bisakah aku berkomunikasi menggunakan Floppy dan tidak bisa dilacak di komputer?” dia meminta jawabnya di tampilkan di kolom iklan pada Koran Wichita Eagle dalam kategori ragam menggunakan nama sandi Rex.
Pada 3 Febuari 2005 BTK mengirim pesan ke Kake-TV dengan alamat pengirim Happ Kakemann, dalam pesannya BTK menulis “ terima kasih atas respon cepat anda, terima kasih untuk tim berita atas usaha mereka. Masalah bisnis : katakan kepada WPD saya telah menerima pesan dikoran. Pengujian akan segera dilakukan, terima kasih. PS : kemungkin ingin menggunkan KTV-PC dll#code” surat ini dimaksudkan untuk memberitahu polisi bahwa BTK telah menerima pesanya mealui Koran Wicthita Eagle.

Pada tanggal 16 Febuari 2005 sebuah surat kembali dikirimkan tetapi kepda KSAS-TV yang berlokasi Wichita. Surat itu berisi pesan, perhiasan dan disket berwarna ungu yang disebut sebagai “Test Floppy untuk review WPD”. Detektif tidak menyia-nyiakan waktu untuk menganalisis isi dari disket tersebut yang kemudian di peroleh informasi software didalamnya yang berasal dari Gereja Christ Lutheran di Wichita atas nama Dennis. Dennis mengira jika telah telah menghapus disket tersebut maka dia akan aman jika menggunkannya untuk berkomunikasi denga polisi. Melalui internet dilakukan pencarian mengenai informasi dari Gereja tersebut lalu didapatkan sebuah website tentang gereja tersebut dan informasinya dari website tersebut diketahui bahwa pemimpin dewan gereja nya beratas namakan Dennis Rader.  Sekelompok detektif pun segera menuju rumah dennis dan didapati mobil Jeep Cheroke terpakir dirumahnya. Kemudian Dennis Rader pun di tangkap sementara pada tanggal 25 Febuari 2005 untuk integrosi serta mendapatkan sample DNA dan bukti lain dari tindak kejahatanya.
Berdasarkan kasus Dennis Rader Lynn alias Pembunuh BTK tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan kemajuan teknologi maka bisa memunculkan hal baru dalam forensika yaitu penyelidikan terhadap barang bukti digital. dalam kasus BTK tersebut yang menjadi bukti digital adalah Floppy Disk yang dikirimkan tersangka tanpa sadari jika masih berisi informasi mengenai dirinya.


SUMBER
Annomyous. Dennis Rader – BTK Killer – A Biography diakses melalui url : http://dennisraderbtk.blogspot.com/2005/10/btk-is-back_30.html
Blanco, Ignacio J. Dennis Rade Lynn diakses melalui url :
Dennis Rader. (2015). The Biography.com diakses melalui url :
Wikipedia. Dennis Rader diakses melalui url :
https://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Rader

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Sekilas Digital Forensik. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger